Semester 2 TPB STEI ITB 2014/2015

Assalamu'alaikum wr.wb.

Selamat datang di semester 2! Semester yang membuat waktu tidurmu jauh berkurang dibanding semester 1 hahaha. Ini karena kamu akan disibukkan dengan kuis, UTS dan Tubes yang mungkin di hari yang berturut-turut.

Langsung aja yaa ini cerita aku buat masing-masing matkul hehe.

Ini gambaran mata kuliah di semester 2, sumber : ol akademik hehe.

1. Pengantar Analisis Rangkaian (2 sks)

Dosen : Yanuarsyah

Nah ini matkul yang bisa dibilang paling WOW di semester ini. Kenapa? Karena banyak yang harus mengikuti UAS (Nilai UTS 1, UTS 2 dan tugas gak mencukupi batas nilai). Buat angkatan aku sendiri yang harus ikut UAS 170 lebih (lupa pastinya berapa).

Seru sih PAR ini... kalo ngerti tapi :").'Seru' nya lagi ujian PAR selalu gandeng sama matkul lain, pas aku UTS1 PAR bareng Kalkulus, UTS2 PAR bareng Kimia. Kebayangkan gimana belajarnya? :")

Buku yg dipake sih buku ... dan soal2nya di buku bundel PAR. Ada bbrp soal UTS yg diambil dari soal tahun lalu. Jadi, bahas-bahas aja hehe.

2. Dasar Pemograman (2 sks)

Dosen : Tricya Esterina Widagdo

Matkul ini bisa dibilang lanjutan dari PTI tapi lebih susah ehehe. Da aku mah apa semua matkul ga ada yang mudah wkwk. Matkul ini juga gak kalah seru nih dibanding PAR. Di awal kuliah kita udah dapet tugas buat bikin games. Bikinnya jadi lebih seru karena pake aplikasi SCRATCH. Pembuatan tugas ini per kelompok. Alhamdulillah, dapet kelompok yang jago2 jadi bisa tenang :") #dasargabut. Alhamdulillahnya lagi kelompok aku berhasil jadi salah satu pemenang dalam pembuatan games ini hihi.

Praktikum Daspro sih kurang lebih sama kaya praktikum PTI. Tapi, pake bahasa baru bukan Pascal lagi hehe, Haskell namanya. Di akhir semester, Daspro punya tubes alias TUgas BESar. Tubes kali ini dibuat perkelompok. Tema tubes kami adalah online shop.

3. Kalkulus 2A (4 sks)

Dosen : Marcus Wono Setia Budhi Ya kalkulus ya begitu. Diktat milik Pak Wono tetap jadi acuan kita. Tapi, semester ini metode perkuliahan diubah hehe. Dulu, semester 1 lebih banyak membahas soal dan mahasiswa dituntut lebih aktif, sekarang dosen lebih sering menerangkan materi dengan slide. Kedua metode ini punya kelebihan dan kekurangan sih. Tapi, mahasiswa jadi males ngerjain diktat karena gak terlalu ditagih lagi wkwk. Sisi positifnya, harus lebih rajin belajar soalnya apa yang didapat di slide gak bisa dimengerti secepat itu (aku doang sih kayanya). Semester ini lebih seru sih dibanding semester sebelumnya hehe.

4. Fisika 2A (4 sks)

Dosen : Yudi Darma

Fisika 2A ini pelajarannya jauh lebih abstrak dibanding Fisika 1A karena kebanyakan kita harus membayangkan sesuatu yang sebenarnya sulit untuk dibayangkan (?). Untungnya, UTS 1 dan UTS 2 nya tidak terlalu susah haha ntahlah kenapa bisa begitu. Jadi, peluang untuk dapat A lebih besar hehe.

Seperti biasa, di akhir kuliah ada RBL (Research Based Learning). Temanya adalah levitasi magnet. Haha sebelumnya aku sendiri udah pernah bikin levitasi magnet gitu di matkul PRD Semester 1 hehe. Nikmati Fisika 2A~~~

5. Kimia 2B (2 sks)

Dosen : Anita Alni

Kimia... salah satu matkul yang mungkin kebanyakan anak STEI tidak suka wkwk. Semester ini pelajaran kimianya lebih susah dibanding semester 1 ._. Kuis, UTS 1, dan UTS 2 nya susah haha. Inget banget deh, banyak yang 'terpaksa' ikut UAS karena banyak yang nilainya masih kurang bagus. Yaudahlah ya hehe.

6. PRD (2 sks)

Dosen : Benhard Sitohang

PRD semester 2 seru euy! Kita bakal main sama Lego yeay. Di matkul ini kita akan belajar bagaimana merangkai robot Lego dan membuat robot tersebut melakukan beberapa aksi. Tentunya, matkul ini tidak lepas dari programming hehe. Tapi, yang lebih ditekankan sih alur berpikirnya.

Di akhir kuliah, kita disuruh untuk membuat dua jenis robot. Satu robot harus bertemakan Smart City dan satu lagi harus mempunyai spesifikasi tertentu sesuai dengan yang diberikan. Di akhir, akan ada perlombaan robot antar kelompok. Lomba ini seluruh untuk STEI dan FMIPA. Robot yang dilombakan adalah robot dengan jenis kedua, yaitu robot yang bisa memindahkan bola ke dalam tempat tertentu sesuai dengan warnanya. Seru deh!

Berikut adalah cuplikan video robot Lego Mindstorm EV3 dengan tema Smart City yang kelompok aku buat hehe. Smart City

7. TTKI (2 sks)

Dosen : Ratna Djuwita Bandono

Setelah mengikuti kuliah ini, kamu akan merasa bahwa ternyata kemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar masih jauh di bawah rata-rata. Ternyata, banyak hal-hal yang tidak kita tau tentang bahasa Indonesia itu sendiri... hmm miris juga yaa hehe.

Ohya, TTKI tugas akhirnya membuat makalah dengan tema tertentu tergantung dosen masing-masing. UTS sama UAS TTKI hm... ya begitulah... dosen sendiri yakin kalau nilai yang akan diperoleh akan jelek hahaha. Susah emang bahasa Indonesia.

Begitulah kira-kira gambaran singkat perkuliahan di semester 2 TPB STEI hehe. Ohya, di semester ini kakak-kakak dari ALTERA ITB ngadain banyak kegiatan seru-seruan nih buat massa STEI 2014. Mulai dari Freshmen Race, ada semacam kakak asuh, sampai dengan PLO. Massa STEI 2014 akan diperkenalkan dengan dua himpunan yang ada di STEI, yaitu HME (Himpunan Mahasiswa Elektroteknik) dan HMIF (Himpunan Mahasiswa Informatika). Selain itu, kita juga diberikan gambaran mengenai ke lima jurusan yang ada di STEI hehe hayolo makin galau nih nentuin jurusan.

Sekarang, STEI punya enam jurusan ya, nambah satu, yaitu Teknik Biomedik. Keren banget euy. Menggabungkan antara Teknik Elektro dengan Kedokteran. Wahhh, aku sebenarnya pengen jurusan ini :') apa daya di zaman aku Biomedik masih di dalam kelompok keilmuannya Teknik Elektro. Yasudahlah, aku sudah nyaman di sini, STI 2014 hehe.

Sekian dulu. Wassalamu'alaikum!

Comments

Popular posts from this blog

Semester 1 TPB STEI ITB 2014/2015

E-BOCI (Eleveth-Bunch of Cool Idiots)