Semester 1 TPB STEI ITB 2014/2015

Assalamu'alaikum wr.wb.

Sekarang aku udah ga males ngetik lagi nih huehehe. Aku mau berbagi pengalaman tentang gimana kehidupanku di semester 1 TPB nih. Maaf kalo agak panjang ya.

Masa TPB (Tahap Persiapan Bersama) adalah masa dimana TPB-ers harus mengikuti mata kuliah yang belum termasuk mata kuliah jurusan. Di sini TPB-ers akan 'mengulang' pelajaran lebih kurang seperti yang di SMA. Banyak yang mengatakan TPB adalah Tahap Paling Bahagia. Hal ini dikatakan oleh kakak tingkat karena pada masa TPB mahasiswa memiliki jadwal perkuliahan yang sudah diatur sedemikian rupa dan pengambilan sks yang sudah berpaket. Berbeda nantinya dengan yang akan terjadi di jurusan. Bagi aku... TPB ini hmm... bahagia gak ya? Bisa dibilang iya bisa dibilang engga. Soalnya aku belum merasakan gimana kehidupan di jurusan.

Di semester 1 ini TPB STEI mendapat paket 18 sks. Mata kuliah yang termasuk pada paket ini adalah sebagai berikut.

Ini gambaran mata kuliah di semester 1, sumber : ol akademik hehe.

Di transkrip, kuliah bahasa inggris dipisah hehe.

1. Kalkulus IA (4 sks)

Dosen : Marcus Wono Setia Budhi

Kalo kamu dapet dosen ini, kamu adalah orang yang sangat beruntung! Hal ini karena Pak Wono adalah sosok dosen yang hebat dan tegas dalam mengajar. Di balik sifat tegasnya, bapak ini sangatlah perhatian pada nilai mahasiswanya. Belajar dengan Pak Wono akan dilengkapi dengan sebuah buku 'sakti', yaitu diktat yang dibuat oleh bapak ini sendiri. Intinya, rajin-rajin aja ngebahas diktat. Kamu harus siap kapan saja kalau ditunjuk untuk maju ke depan. Kalo kamu gak bisa ngejawab, maka bapak ini akan nanyain asal daerah dan asal sekolahmu... dan kamu akan diingat sepanjang satu semester hahaha. Gak semenyeramkan itu kok. Hal ini dilakukan beliau agar mahasiswanya mau terus belajar. Pokoknya belajar sama beliau seru banget dah!

2. Fisika IA (4 sks)

Dosen : Fatimah A. Noor

Belajar dengan bu Fatimah juga enak. Ibu ini sangat sabar dalam mengajar. Slide perkuliahan gak dikasih sehingga kamu harus mencatat hal-hal yang dianggap perlu. Nilai yang diberikan beliau juga bagus2. Pengalaman paling berharga dengan beliau adalah saat beliau mentraktir gorengan dan donat untuk satu kelas hahaha. Subhanallah baik sekali beliau.

3. Kimia IB (2 sks)

Dosen : Ria Sri Rahayu

Ibu Ria adalah dosen yang sangat baik dan pengertian. Beliau mengajar dengan sangat baik. Kalau ada yang gak ngerti, beliau akan menerangkan kembali dengan sabar :"). Ibu ini akan ngasih slide kuliah melalui group yang akan dibuat di FB. Soal-soal tutorial yang diberikan beliau mengacu pada soal-soal UTS tahun sebelumnya sehingga kami tidak merasa 'terkejut' saat mengerjakan soal UTS yang sebenarnya. Aku sendiri jadi suka kimia karena ibu ini :')

4. Olahraga (2 sks)

Dosen : Doddy

Olahraga... ya begitulah. Aku bukan orang yang sering berolahraga saat SMA sehingga lari 6 keliling lapangan Saraga dengan waktu tertentu bukanlah perkara yang mudah... Latihan fisik yang diruntinkan Pak Doddy bikin aku setiap minggunya dapat berlari lebih cepat :') walaupun belum secepat teman-teman lainnya. Kalo untuk renang Alhamdulillah aku bisa renang haha jadi ya bisa dibilang aman. Namun, karena persentase ujian lari lebih besar dibanding renang... yaudah pasrah haha. Untuk ujian materi, baca buku dan bahas soal tahun lalu! Gampang kok insya Allah hehe.

5. PRD (2 sks)

Dosen : Ian Josef

Ini salah satu mata kuliah yang baru bagi kami para TPB-ers. Setiap fakultas memiliki bahasan yang berbeda untuk PRD. Di mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa dapat mengerti konsep mengenai engineering. Ujiannya? Hmm baca buku aja terus pengetahuan umum. Di mata kuliah ini kelas kami membuat sebuah levitasi magnet. Pembahasan yang sangat menarik! Ohiya ini ada video PRD kami. Nonton ya! Levitasi Magnet

Haha sebenarnya biasa aja sih gak bagus-bagus amat...(Nahloh, yang bilang bagus siapa?) #abaikan

6. B.Inggris (2 sks)

Dosen : Ayi Rohayati

Aku masuk kelas CR (Critical Reading). Di sini kami lebih banyak belajar tentang cara baca cepat. Skimming, scanning, scamming. Siklus perkuliahan untuk kelas aku adalah kuliah-kuis-libur haha begitulah seterusnya. Soal ujiannya mirip soal UN SMA tapi tentunya... jauh lebih susah haha

7. PTI B (2 sks)

Dosen : Fazat Nur Azizah

Bagi aku yang buta sama sekali terhadap dunia pemograman... mata kuliah ini cukup menakutkan haha. Harus lebih rajin nyoba2 sendiri sih kalo PTI. Ohya kalo STEI, PTI B nya akan belajar bahasa Pascal, berbeda dengan fakultas lainnya yang belajar C++. Kebahagian yang dirasakan di PTI adalah ketika program kamu tercompile dan hasil eksekusinya bener :') suatu kebanggan yang luar biasa! Semangat untuk praktikumnya karena soal2 praktikumnya... (jawab sendiri). Overall, PTI ini cukup asik kok, apalagi nanti ada Daspro (Dasar Pemograman) di semester 2. Beuh, makin 'asik' deh!

Ohiya untuk menghadapi badai UTS setiap Sabtu, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk membahas soal-soal UTS tahun sebelumnya. Berikut buku soal-soal yang recommended :

1. Matcho

Kupas tuntas matcho, insya Allah bisa ngerjain UTS nya! Buku ini yang paling enak dibahas dibanding buku lainnya.

2. Phiwiki

Kerjakan soal-soal disini. Utamakan soal-soal tahun lalu.

3. Chempro

Cukup membantu walaupun kadang pembahasan soalnya ada yang salah. Ngerjain soal tutorial dari Bu Ria juga enak.

4. BSG (Bundel Soal Gamais)

Biasanya untuk BSG aku bakal lebih sering bahas kalkulus dan fisika.

Ohiya tentunya di semester 2 ini kamu ga bakal jadi kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang) dong. Banyak kegiatan di ITB yang bisa kamu ikuti. Kesan pertama di ITB buat aku adalah... di ITB itu banyak banget kegiatannya. Rasanya hampir tiap minggu ada aja acara-acara yang diadain di kampus haha.

Salah satu kegiatan yang bisa diikuti adalah unit. Pada tau kan ada berapa unit di ITB? Nah, di sana kamu bisa ngembangin minat dan bakat mu! Sewaktu kegiatan OHU (Open House Unit) aku daftar di 3 unit. Ini masih cukup normal dibading orang yang mendaftar ke 7 lebih unit haha. Aku daftar di UKM (Unit Kesenian Minangkabau), KPA (Keluarga Paduan Angklung), dan TEC (Techno Entrepreneur Club). Akhirnya yang lanjut cuma KPA hehe. Seru deh pokoknya di KPA :')

Selain unit, banyak kegiatan-kegiatan yang bisa kamu ikuti seperti ikut KM, jadi panitia wisuda, dan masih banyak lagi. Intinya, pandai-pandai lah mengatur waktu.

Nah, mungkin hanya itu yang aku bisa share di sini. Perlu diingat, semester 1 di TPB STEI bisa dibilang cukup 'santai' kalo dibandingkan dengan fakultas lain dan jauh lebih enak kalo dibandingkan semester 2 hahaha. Semangat!

Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah berjuang.

Sekian. Wassalamu'alaikum! ^^

Comments

  1. Replies
    1. Kalau renang itu ada 3 kelompok gitu, kelompok A, B dan C. A dan B itu di kolam besar, A 50 meter, B 25 meter. Biasanya kalo yang gak bisa renang masuk kategori C. Paling kamu harus bisa meluncur gitu aja sih hehe. Sebenarnya persen nilai renang kecil jadi gak perlu khawatir :) nilai lari yang paling berpengaruh.

      Delete
    2. Kalau bener2 ga bisa renang gmn? :(

      Apa renang itu wajib? Atau kita bisa milih lari aja?

      Delete
    3. Teman-temanku banyak juga kok yang gak bisa renang hehe. Setidaknya coba meluncur saja di kolam yang pendek. Untuk lebih lanjutnya mungkin bisa menghubungi dosennya secara personal.
      Rening itu bisa dibilang wajib. Kenapa? Karena ini masuk hitungan untuk nilai olahraga. Untuk persenan nilai sih kalau tidak salah lari sekitar 70-80%, renang 10-20%, dan sisanya untuk ujian tertulis.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Semester 2 TPB STEI ITB 2014/2015

E-BOCI (Eleveth-Bunch of Cool Idiots)